Thursday, May 26, 2011

Prediksi Mengenai Tipe-Tipe Virus Baru Di Masa Mendatang

Banyak yang memprediksikan jenis-jenis virus yang akan muncul di masa mendatang,yaitu :

Virus Wireless
Walaupun ancaman malware pada peralatan wireless saat ini masih tergolong rendah, namun tampaknya keadaan ini segera berubah. Mengingat sejarah menununjukkan bahwa teknologi internet dapat mengubah cara pembuatan dan penyebaran virus komputer, worms, bahkan trojan horses, maka besar kemungkinan dunia wireless dapat menjadi sasaran berikutnya dari eksploitasi dan perkembangan berbagai jenis malware.
Pada dasarnya ancaman virus komputer dan malware lainnya terhadap dunia wireless dapat diklasifikasikan ke dalam tiga golongan besar.

Ancaman Berbasis Aplikasi (Application-based Threats)
Ancaman berbasis aplikasi dapat muncul ketika sebuah program perangkat lunak di download atau dieksekusi pada sebuah peralatan wireless, khususnya bila program tersebut berasal dari sumber yang tidak diketahui. Malware pertama yang bernama Linerty Crack menyerang sistem operasi Palm pada Palm PDAs (Personal Digital Assistans). Perangkat lunak yang dapat di-download dari sebuah situs web atau diakses melalui IRC (Internet Relay Chat) rooms ini, menyamar sebagai program freeware yang dapat mengubah program cracker untuk aplikasi Liberty Game Boy. Namun ketika dieksekusi, program ini akan menghapus seluruh aplikasi executable yang ada, walaupun tidak mempengaruhi sistem operasi atau embedded application lainnya.
Walaupun luasnya pengaruh yang ditimbulkan oleh Liberty Crack masih tergolong kecil, namun berhasil membuktikan bahwa sebuah malware dapat di-download dan merusak sistem peralatan wireless. Banyak pakar yang memperkirakan bahwa keberadaan trojan horse ini sebagai pertanda bahwa di masa yang akan datang malware jenis ini akan mewabah, dan mungkin disertai dengan berbagai dampak merugikan yang dapat ditimbulkan seperti pencurian data dari address book pada peralatan wireless, dan informasi penting lainnya.
Sekitar satu bulan setelah kemunculan Liberty, muncul serangan daris sebuah virus yang bernama Palm Phage. Virus ini merupakan virus pertama yang didesain untuk menyerang aplikasi Palm PDAs. Palm Phage dapat menyebar ke dalam peralatan baik lain ketika aplikasi yang telah terinfeksi dieksekusi (menyerang aplikasi lainnya), ketika mengirimkan data ke peralatan Palm yang lain (melalui media infrared atau RF/Bluetooth), dan ketika bersinkronisasi dengan sebuah PC. Ancaman berbasis aplikasi dapat melibatkan proses download (dengan protokol FTP atau HTTP) sebuah program executable melalui wireless gateway menuju peralatan wireless.


Gambar Penyebaran ancaman berbasis aplikasi

Pada saat yang bersamaan, beberapa joke programs seperti EPOC_Alone.A dan EPOC_Ghost.A menyerang peralatan PDAs yang menggunakan sistem operasi EPOC.
Program-program ini menimbulkan gangguan dalam pemakaian seperti membunyikan alarm dan menyalakan lampu pada peralatan PDA yang diserang. Walaupun program-program ini tidak menyebar antar peralatan, namun sempat menimbulkan kekuatiran pengguna. Keberadaan Palm Phage dan EPOC joke programs menimbulkan realita baru bahwa virus wireless yang dapat bereplikasi dengan sendirinya, tidak hanya mungkin, tetapi juga sangat mudah untuk dikembangkan. Dengan perluasan fungsionalitas dari peralatan wireless yang ada saat ini dalam beberapa waktu mendatang akan menyebabkan peningkatan potensi ancaman berbasis aplikasi pula.

artikel yang berkaitan


0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites